Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan

Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan. Ramadhan yang bentar lagi akan datang menjadi sebuah nikmat yang sangat besar bagi hamba muslim. Menjelang pelaksanaan shalat tarwih, ceramah ramadhan menjadi sebuah kebiasaan di masyarakat kita. Karena itu, saya akan berbagi beberapa ceramah puasa ramadhan yang dapat bapak ibu sampaikan.
Puasa ramadhan adalah ibadah paling rahasia yang dilakukan oleh orang yang beriman. Berbeda dengan ibadah lainnya, ibadah puasa benar-benar ibadah yang sangat rahasia, karena itu juga nantinya pahala yang akan diberikan oleh Allah juga secara rahasia. Aroma nafas orang puasa yang bagi kita sangat 'wah' itu laksana aroma kasturi bagi Allah. Sungguh, ibadah puasa adalah ibadah yang sangat besar pahalanya di sisi Allah.

Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan

Puasa yang sebenarnya bukanlah sekedar menahan makan dan minum, namun juga menahan amarah. Ini yang susah. Jika sedekar menahan makan dan minum, dan berhubungan intim dengan pasangan, binatang juga bisa. Kambing yang tidak makan, tidak minum dan dipisahkan dari pasangannya juga sudah berpuasa. Namun puasa bagi umat manusia lebih dikhususkan pada menahan amarah.
Menahan pandangan mata, menahan pendengaran, bibir dan segala organ tubuh dari segala hal yang dilarang oleh Allah. Dengan berpuasa maka kita diamanahkan untuk menjaga 9 lubang yang ada dalam tubuh kita. Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan.
Dua buah lubang mata, dua lubang telinga, dua lubang hidung, lubang bibir, dan dua lubang rahasia yang ada di bagian belakang tubuh kita. Haha ... Di hari biasa, semua yang keluar dari ke-9 lubang tersebut adalah hal yang sangat menjijikkan. 
Coba ingat, dari mata apa yang bisa keluar? Blobo' (tai mata). Hehe ... Dari dua telinga apa yang keluar? Hiii ... Dari lubang hidung apa yang keluar? Ingus, mimisan. Hiiii lagi ... Dari bibir, apa yang keluar? Ludah, dahak. Hiii ... Dari yang dua belakang apa yang keluar? Haha ...
Nah, dengan puasa kita menjaga semua itu. Ditambah dengan menahan amarah. 
Bagaimana, pengen membuat ceramah bulan ramadhan yang menarik seperti pembahasan di atas?


Regards,
Terima kasih telah berkunjung di Alwanku.com dan membaca artikel tentang “ Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan ” . Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi dari artikel Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan dengan URL : http://www.alwanku.com/2012/07/ceramah-bulan-ramadhan-ceramah-puasa.html

Baca juga Artikel Menarik terkait “ Ceramah Bulan Ramadhan | Ceramah Puasa Ramadhan ”