Pengertian Kesehatan Masyarakat

Hi sahabat ... Berikut ini akan saya paparkan mengenai Pengertian Kesehatan Masyarakat. Kalian pasti ingin tau kan apa itu kesehatan masyarakat? Silakan lihat pembahasannya berikut ini ...

Konsep Kesehatan Masyarakat

Pengertian Masyarakat
Menurut Kuntjoroningrat 1990 yang dikutip oleh Nasrul Effendy 2002 masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling  bergaul atau dengan istilah lain saling berinteraksi. Kesatuan hidup manusia yang saling berinteraksi dalam suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Ciri- ciri Masyarakat Indonesia

Dilihat dari struktur sosial dan kebudayaan Indonesia dibagi dalam tiga kategori dengan ciri- ciri sebagai berikut : (Nasrul Effendy,  2002).
1. Masyarakat desa
Dalam masyarakat desa terbina hubungan keluarga dan masyarakat sangat kuat, yang didasarkan kepada adat istiadat yang kuat sebagai organisasi sosial, percaya kepada kekuatan gaib, tingkat buta huruf relatif tinggi, berlakunya hukum tidak tertulis yang intinya diketahui dan dipahami oleh setiap orang, tidak ada lembaga pendidikan khusus dalam bidang ketrampilan akan tetapi diwariskan oleh orang tuanya langsung kepada keturunannya, sistem ekonomi sebagian besar ditujukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, semangat gotong-royong dalam bidang sosial dan ekonomi sangat kuat.
2. Masyarakat   madya
Dalam masyarakat madya mempunyai ciri-ciri hubungan keluarga masih kuat, hubungan kemasyarakatan mulai mengendor, adat istiadat masih dihormati dan sikap masyarakat mulai terbuka dari pengaruh luar, timbulnya rasionalitas dalam berpikir, adanya lembaga pendidikan dan ketrampilan, tingkat buta huruf sudah mulai menurun, ekonomi masyarakat lebih banyak mengarah kepada produksi pasaran, gotong-royong tradisional tinggal untuk keperluan sosial dikalangan keluarga dan tetangga.
3. Masyarakat modern
Adapun ciri   dari masyarakat modern adalah hubungan antar manusia didasarkan atas kepentingan-kepentingan pribadi, hubungan antar masyarakat dilakukan secara terbuka dalam suasana saling mempengaruhi, kepercayaan masyarakat yang kuat terhadap  manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi, strata masyarakat digolongkan berdasarkan profesi dan keahlian yang dapat dipelajari, tingkat pendidikan formal tinggi dan merata, hukum yang berlaku hukum tertulis yang komplek, ekonomi hampir seluruhnya ekonomi pasar yang berdasarkan atas  penggunaan uang.

Tipe Masyarakat

Menurut Gilin yang dikutip Nasrul Effendy 2002 lembaga masyarakat   dapat diklasifikasikan berdasarkan pada sudut perkembangannya, sistem nilai yang diterima oleh masyarakat terhadap lembaga yang ada, penyebaran lembaga masyarakat didasarkan atas faktor penyebaran dan sudut fungsi lembaga masyarakat. 


Regards,
Terima kasih telah berkunjung di Alwanku.com dan membaca artikel tentang “ Pengertian Kesehatan Masyarakat ” . Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi dari artikel Pengertian Kesehatan Masyarakat dengan URL : http://www.alwanku.com/2012/11/pengertian-kesehatan-masyarakat.html

Baca juga Artikel Menarik terkait “ Pengertian Kesehatan Masyarakat ”